BLOOD GLUCOSE (GULA DARAH)

Kadar gula darah yang normal pada tubuh manusia merupakan penunjang kinerja seluruh organ dan jaringan tubuh manusia.

Kalau kita menyebut “darah” berarti yang harus kita fahami adalah dari mana asalnya. Maka kita katakan bahwa darah berasal dari makanan & minuman yang dikonsumsi oleh manusia dan bermanfaat bagi tubuh. Catatannya adalah “tidak semua makanan menghasilkan darah yang baik”, sehingga kita fahami bahwa salah memilah dan memilih makanan menyebabkan kekeliruan dalam tubuh.

Sistem pembentukan blood glucose :

Pertama, singkatnya adalah “metabolisme karbohidrat menjadi glukosa kemudian kadar gula tersebut naik dan masuk kedalam sel sehingga kadar gula kembali turun”

Kedua, prosesnya adalah ketika kita makan dan minum terutama yang bersifat karbohidrat, makanan akan diubah dari molekul yang kompleks menjadi molekul yang lebih sederhana yaitu yang dinamakan dengan glukosa (glucose / C⁶H¹²O⁶). Seperti yang kita pahami bahwa proses terciptanya darah berawal dari proses pencernaan makanan terlebih dahulu dari mulut – kerongkongan – limpa lambung. Kemudian karbohidrat di pecah menjadi glukosa, glukosa di serap dan masuk ke peredaran darah, pada saat itulah terjadi pelonjakan atau peningkatan kadar gula darah.

Oleh karena itu kenapa pengecekan gula darah memerhatikan apakah setelah makan, sedang berpuasa, malam hari dan sebagainya dikarenakan ia memang terbentuk dari makanan dan minuman yang kita konsumsi (metabolisme dari karbohidrat).

Di dalam tubuh kita ada namanya sel beta pankreas, ini akan menghasilkan atau memproduksi yang namanya hormon insulin. Hormon insulin inilah yang membawa gula darah / glucose ke dalam sel (sel ini tidak bisa terbuka pintunya jika insulin tidak ada !).

Farmakoterapi Diabetes Mellitus / DM (kencing manis)

Pengecekan diabetes dengan menggunakan alat tes melalui tetes darah seperti biasanya atau juga dengan HbA1c untuk mendiagnosis pasien diabetes.

Kenapa disebut dengan kencing manis ?
Karena pemeriksaan pada zaman dahulu yaitu dengan melakukan pencicipan urin sebelum adanya alat-alat. Wallahu A’lam

Diabetes Mellitus kelainan metabolic yang di tandai dengan kadar glukosa dalam darah melebihi batas normal (hiperglikemia) akibat tubuh kekurangan insulin / kerusakan sel beta pankreas (pankreas pabriknya insulin !) atau insulin yang dihasilkan tidak cocok dengan reseptor pada sel, akhirnya pintu sel tidak bisa terbuka dan gula darah ini tetap berada dalam darah ini yang menyebabkan gula darah nya tidak kunjung turun oleh sebab itu pula ada yang melakukan pengobatannya dengan disuntik insulin dari luar.

Glukosa yang tadi berada didalam darah masuk kedalam sel maka kadar glukosa atau kadar gula darah akan kembali turun, setelah masuk kedalam sel gula atau glukosa tadi digunakan sebagai sumber energi yang mana kelebihannya akan di simpan didalam hati. Yang disimpan dihati dalam bentuk glikogen ini nanti digunakan saat misal kita telat makan atau kekurangan makanan, digunakan sebagai energi tubuh tapi kalau kita menyimpan ini setiap hari dan akhirnya menumpuk maka ia berubah menjadi lemak ataupun menjadi cikal bakal penyakit-penyakit.

Penyebab Diabetes Mellitus :
-emosional / negatif thinking.
Tekanan stres secara emosional yang berlebihan
(dongkol, rakus dll) ini membuat terjadinya stagnasi pada energi liver sehingga menimbulkan panas sebagai mana yang kita fahami energi vital ini sifatnya panas (yang, haroroh) yang menyebabkan energi vital dan darah panas berkobar dimana keseimbangan menjadi terganggu. control emosi / positif thinking.
Tekanan stres secara emosional yang berlebihan
(dongkol, rakus dll) ini membuat terjadinya stagnasi pada energi liver sehingga menimbulkan panas sebagai mana yang kita fahami energi vital ini sifatnya panas (yang, haroroh) yang menyebabkan energi vital dan darah panas berkobar dimana keseimbangan menjadi terganggu.
-defisiensi sekresi hormone insulin, aktivitas insulin keduanya.
-defisiensi transporter glukosa (fungsi hormon insulin dalam memasukkan glukosa kedalam sel)
-rusaknya sel-sel betha dari pulau-pulau Langerhans pada Pankreas yang berfungsi menghasilkan insulin. Mayoritas ini terjadi karena obesitas tapi efek keseimbangan lainnya yang gagal juga bisa menyebabkan diabetes.
-Aktivitas fisik yang berlebihan
-Obat obatan diabetes (insulin yang tidak sesuai dosis, atau tidak tepat penggunaan)

*Pulau-pulau Langerhans = (kelompok sel yang terdiri dari beberapa jenis sel, salah satu sel nya adalah sel beta pankreas yang mengeluarkan hormon insulin, insulin fungsinya menurunkan kadar gula darah yang ada didalam peredaran darah, insulin akan mengirimkan glukosa dari peredaran darah ke sel-sel dalam tubuh untuk energi)

Kriteria Diabetes Mellitus :
< 100 : bukan Diabetes Mellitus
100-200 : belum pasti Diabetes Mellitus
> 200 : pasti Diabetes Mellitus

Dalam kedokteran eastern medicine diabetes dibagi menjadi 3 bagian seperti hal nya western medicine :

Pengobatan eastern medicine memandang diabetes sebagai akibat dari kekurangan energy vital dan yin, sehingga dalam banyak kasus ia menghambat peredaran darah.

1. Upper / Lung ekses yang (polydipsia).
→Haus berlebihan “upper body” disebabkan oleh permasalahan pada sistem paru dan usus besar.

Simptom :
-sering haus
-rasa gatal
-hidung, mulut, tenggorokan, kulit kering
-atau dehidrasi kekurangan cairan
-sering buang air kecil / tidak teratur termasuk malam hari walaupun BAB nya normal.
-na’udzubillah hingga muntah darah

Produk Nutrisi :
-garam
-asparagus
-susu kedelai
-zaitun oil dll

2. Middle / perut ekses yang (polyfagia)
→lapar berlebihan “middle part of body” disebabkan oleh permasalahan jaringan limpa pankreas pada perut.

Simptom :
-pahit di mulut
-mulut kering
-gusi berdarah
-sembelit
-banyak makan tapi masih terasa lapar akibat panas perut sehingga setiap yang masuk habis begitu terus
-sakit kepala
-demam
-anak-anak suka ngigau
-cegukan
-mimisan
-berat badan turun drastis
-mual pagi hari atau sampai muntah ketika habis makan akibat panas perut tidak menerima

Produk Nutrisi :
-gurami
-pisang
-jamur hitam
-bayam
-strawberry
-rebung
-timun
-hati sapi
-daun pepermint
-daun bit

3. Lower regions / asthenia ruthubah ginjal (Polyuria)
→buang air kecil terus menerus “lower body” terutama pada organ ginjal. Gula yang berlebih didalam darah juga akan berakhir pada ginjal oleh sebab itu pasien sering buang air kecil. Itu merupakan bentuk metabolisme tubuh untuk mengeluarkan kadar gula darah dalam tubuh sehingga kita pun sering minum (polydipsia).

Simptom :
-gairah sex menurun
-kaki bengkak
-batuk berdarah
-kering mulut pada malam hari
-tenggorokan kering
-lemah, letih, lesu
-nyeri tumit terutama pagi hari bangun tidur
-nyeri pinggang
-telinga berdenging
-keluar sperma dgn mimpi
-urin kental seperti mengandung minyak
-sulit tidur

Produk Nutrisi :
-asparagus
-telur ayam kampung
-sotong
-cumi
-telor bebek
-jamur tiram
-royal jelly

Pada kondisi ini kita kembalikan pada simptom masing-masing pasien, mana organ yang perlu di kuatkan ataupun bagaimana menyeimbangkan ketidakseimbangan yang terjadi.

Komplikasi Diabetes Mellitus :
Komplikasi jangka lama termasuk penyakit kardiovaskular (resiko ganda), kegagalan kronis Ginjal (penyebab utama dialysis), kerusakan retina yang dapat menyebabkan kebutaan serta saraf yang dapat menyebabkan impotensi dan gangrene yang beresiko amputasi.
Komplikasi yang lebih serius lebih umum bila control kadar gula darah buruk.

Faktor Resiko Diabetes :
-Kelompok usia dewasa tua (> 45 tahun)
-Kegemukan {BB (kg) > 120% BB idaman atau IMT > 27 (kg/m2)} IMT (Indeks Masa Tubuh) = berat badan (kg) dibagi tinggi badan (meter) dibagi lagi dengan tinggi badan (cm) –
-Tekanan darah tinggi (> 140/90 mmHg)
-Riwayat keturunan Diabetes Mellitus
-Riwayat kehamilan dengan berat badan lahir bayi > 4000 gram
-Riwayat Diabetes Mellitus pada kehamilan
-Dislipidemia (HDL < 35 mg/dl dan Trigliseriddaa > 250 mg/dl
– Pernah TGT (Toleransi Glukosa Tereganggu) atau GDPT (Glukosa Dararh Puasa Terganggu) %3D

Anjuran Secara Umum :
-buah dan sayur karna lebih gampang dicerna dan diurai ex : buncis, wortel, toge, sawi, bayam ,apel, jeruk, mangga, kacang panjang, buncis, pare, labu siam. (yang mengandung serat)
-makanan berserat tinggi sangat dibutuhkan untuk kebutuhan hormon insulin
-olahraga yang teratur
-herbal yang berfungsi menurunkan / menormalkan kadar gula
-control emosi / positif thinking.(seperti yang dijelaskan di atas terkait diantara penyebabnya adalah emosional.
-keseimbangan, disharmoni antara yin dan yang (haroroh ruthubah) mengakibatkan sistem cerna menjadi bermasalah sehingga makanan gula tidak bisa diurai, lemak tidak bisa diurai timbullah gula yang menumpuk (DM). Keseimbangan itu ada pada fungsi dan materi, pola makan, pola tidur, pola fikir dan setiap kegiatan jangan sampai ada yang kekurangan ataupun kelebihan.
-acupuncture untuk penderita diabetes, karena akan membantu aliran energy berjalan lancar, sehingga darah dan Qi/alquwwah (energi) bisa mengalir tanpa adanya hambatan dan yin yang bisa kembali seimbang
-gula darah rendah sangat bagus ditingkatkan dengan makanan yang manis

Pantangan Diabetes Mellitus :
Gula pasir / pemanis buatan, mie, pasta, kafein, lemak, abon, dendeng, sarden, mentega, susu dll

POINT !

Dalam kedokteran eastern medicine yang paling penting bukanlah apakah gulanya berhasil turun atau bagaimana menghilangkannya namun yang paling penting dilakukan adalah bagaimana caranya agar bisa mencapai keseimbangan. Sebagaimana sakit itu datang akibat terjadinya ketidakseimbangan.

Wallahu A’lam

Registrasi Sekarang

Hubungi Admin untuk daftar atau klik disini untuk pendaftaran

Bagikan Artikel ini di sosial media kamu jika bermanfaat.

Share on facebook
Share on twitter
Share on linkedin
Share on whatsapp

Artikel Terbaru

Data Siswa Theelhawi

pin up DATA SISWA THEELHAWI Medical School Nama Program Pendidikan Angkatan Semester Alamat Keterangan Angela Febriannie Medical School “Eastern Medicine” 1 (Nov 20 – Okt

Read More »

HUKUM NUN SUKUN & TANWIN

IKHFA HAQIQI (الإخفاء الحقيقي)(samar/pertengahan) Secara bahasa→ satr (menutup) Secara istilah→ mengucapkan nun sukun & tanwin dengan bentuk pertengahan antara idzhar & idghom, kosong dari atau

Read More »

BLOOD GLUCOSE (GULA DARAH)

Kadar gula darah yang normal pada tubuh manusia merupakan penunjang kinerja seluruh organ dan jaringan tubuh manusia. Kalau kita menyebut “darah” berarti yang harus kita

Read More »

TOMAT (Solanum lycopersicum)

Viagra nl bestellen In der Versand-Apotheken ohne Rezept-Service liegt der Preis vergleichbar. Wechselwirkung blutdrucksenker viagra sublingual preise Гsterreich В Links echt in der tГrkei Mail

Read More »